Jumat, 19 Juni 2020

Adit Setiawan Rangkuman & Kesimpulan pertemuan 12 Stack (lanjut)

Tags

STACK (LANJUT)

Dalam ilmu komputer, tumpukan (bahasa Inggris: stack) merupakan sebuah koleksi objek yang menggunakan prinsip LIFO (Last In First Out), yaitu data yang terakhir kali dimasukkan akan pertama kali keluar dari tumpukan tersebut.
  1. TAHAPAN MENGHAPUS ELEMEN PADA OPERASI POP

    Operasi pop yaitu mengambil sebuah elemen data pada urutan terakhir dan menghapus elemen tersebut dari stack . POP untuk : ambil, keluar, delete, baca atau hapus.


  2. PERBEDAAN PROGRAM STACK DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM ARRAY DAN LINKED LIST

 - Program stack menggunakan array.

Proses inisialisasi dimana proses ini untuk stack yang menggunakan array adalah dengan mengisi nilai field top dengan 0(nol), jika elemen pertama diawali dengan nomor 1. Kalau elemen pertama array dimulai dengan 0(contoh bahasa c), maka top di isi dengan nilai-1.

- Program stack menggunakan linked list.

Adapun stack yang menggunakan linked list, hanya memerlukan suatu pointer yang menunjuk ke data terakhir, setiap elemen linked list mempunyai 2 field yaitu elemen datanya dan pointer bawah yang menunjuk posisi terakhir sebelum proses push.

KESIMPULAN
Stack atau tumpukan merupakan salah satu teknik dalam struktur data yang cukup mudah dipahami.  representasi stack dapat dilakukan menggunakan array dan linked list. pada bab ini stack di refresentasikan dengan kedua cara tersebut.

Hasil TelusurCuplikan pilihan dari we

Silahkan bertanya dan berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon